Menu

SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR

Member of Jakarta Futures Exchange & Member of Indonesia Derivatives Clearing House Member of Indonesia Commodity and Derivatives Exchange & Member of Indonesia Clearing House

SOLID GOLD BERJANGKA | Sentimen Positif Pasar Saham Membuat Emas Tersungkur Kuat

solid gold berjangka makassar - Harga emas tersungkur kuat di awal bulan ini sebagai respon atas gagalnya perlawanan beli di akhir Februari yang dipicu oleh sentimen positif pasar saham global yang terdorong oleh peningkatan selera risiko para investor global. Hal ini juga kembali memicu terdongkraknya indeks US Dollar sehingga beberapa aset safe haven mulai tertekan termasuk komoditas emas.
 
Aksi jual kuat yang mendasar pada awal Maret ini kemungkinan akan menggoyahkan pandangan Bullish para investor namun masih harus menunggu bagaimana kah sebenarnya fundamental di Amerika Serikat saat perilisan berita non-farm payroll (NFP) pada Jumat minggu ini.
 
Menurut kepala strategi komoditas di TD Securities di Toronto, Bart Melek, indeks dolar AS dan imbal hasil dari 2-tahun Treasury Amerika telah naik selama beberapa hari terakhir dan faktor – faktor ini telah memicu para pelaku pasar untuk mengambil keuntungan dari kenaikan kuat emas sebelumnya.
 
Bart juga melihat adanya reaksi lanjutan terhadap pernyataan bank Sentral Amerika Serikat (the Fed), di mana kenaikan suku bunga masih tercantum di dalam kebijakan, mengingat bahwa data ekonomi Amerika Serikat tampaknya masih cukup kuat.
 
Data produk domestik bruto Amerika Serikat yang lebih baik dari perkiraan pada hari Kamis di minggu lalu menjadi awal yang mendorong naiknya imbal hasil Treasury, membuat komoditas emas perlahan dijauhi kembali oleh para investor yang lebih mengincar imbal hasil besar meski masih dibayangi risiko.
 
Para analis lainnya juga melihat peningkatan saham – saham di pasar global menjadi faktor kuat yang membebani harga emas, dimana penguatan pada indeks US Dollar dan pasar saham juga menelan “korban” yakni mata uang Yen Jepang sebagai salah satu aset safe haven.
 

 

Menurut tim analis Commerzbank, sentimen yang lebih baik di bursa saham dan menurunnya minat para investor terhadap emas fisik membebani harganya (dalam pasar future) dan juga harga komoditas perak (Silver).

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.